Pages

Subscribe:

Kamis, 04 Juli 2013

Stadion Pacira (Pakansari Cibinong Raya)


BOGOR (Pos Kota) – Impian masyarakat Kabupaten Bogor memiliki stadion bertaraf internasional bakal terwujud dalam waktu tiga tahun mendatang. Kepastian ini ditunjukkan dengan keseriusan Pemkab Bogor melanjutkan kembali pembangun Stadion Utama Cibinong (SUC) di Kampung Cikempong, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong yang terlantar sejak krisis moneter 1997 lalu.
“Pembangunan stadion di lahan seluas 60 hektar dengan kapasitas duduk 60 ribu penonton yang semuanya berstandar internasional harus dilakukan awal tahun depan dan diharapkan selesai 2014,” ungkap Bupati Bogor Rahmat Yasin, Selasa.
Ditegaskannya, membangun stadion bertaraf internasional ini sudah menjadi kewajiban Pemkab Bogor. Selain sebagai penyangga ibukota, Kabupaten Bogor juga punya peluang menggelar berbagai event sepakbola nasional dan internasional.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bogor, Dadang Irfan mengatakaan, pihaknya kini secara perlahan sudah mulai membebaskan lahan tanah yang akan dijadikan stadion sepakbola berkapasitas 60 ribu penonton. “Pembebasan lahan tinggal dua hektar lagi,” katanya.
Estimasi awal, anggaran yang dibutuhkan Rp 870 miliar. “Insya Allah, tahun depan dimulai pekerjaan pembuatan lapangan sepakbola dan lintasan atletik” ujarnya. Area stadion itu nantinya akan mencapai 60 hektar plus dengan lahan parkirnya. Selain itu akan dibangun pula  Sarana Sport Center yang berdekatan dengan stadion.
Anggaran bisa membengkak dan diperkirakan keseluruhanya menelan sekitar Rp 1 triliun. “Sangat berat jika semuanya ditanggung Pemkab Bogor. Kami berharap adanya bantuan dari Provinsi Jabar dan Kementerian Pemuda Olahraga,” katanya. Selain itu pihaknya juga menawarkan kerjasama dengan investor yang tertarik membangun SUC. “Sebab, jika hanya mengandalkan APBD Kabupaten Bogor, SUC tidak akan pernah terwujud,” paparnya. (iwan/B)


Pemkab Bogor tengah membangun Stadion Utama Cibinong, stasion sepakbola baru yang memenuhi standard untuk jadi tuan rumah Liga Indonesia. Stadion yang juga akan menjadi stadion atletik ini dibangun di Kampung Cikempong, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong. Lokasinya berada di sebelah selatan jalan Tegar Beriman, dan bisa diakses lewat Jalan di samping Pompa Bensin Tegar Beriman: seberang PN Cibinong dan Gedung Pemuda. 

Konon Stadion Utama Cibinong sudah dipersiapkan sejak lama. Namun karena dulu ada krismon, proyek stadion berbiaya Rp 1 triliun ini pun tersendat. Sekarang proyek mulai bergerak lagi dan sudah mendapat kucuran anggaran Rp 25 miliar dari Pemprov Jabar. Menpora juga akan menyediakan anggaran hingga Rp 40 miliar. Targetnya, stadion yang bisa menampung 60 ribu penonton ini bisa rampung pada 2011. 

Terakhir besaran Proyek ditetapkan 284 milyar seperti gambar pertama diatas, meskipun kita berharap agar stadion seperti gambar ke 2 (bawah). Proyek berjalan sampai akhir 2013 atau awal 2014.

Sumber :
Poskota
Indoplaces.com

Foto-foto Ketika masih bernama Stadion Utama Cibinong :








Teka-teki nama apa yang dipilih untuk stadion internasional baru di Kabupaten Bogor akhirnya terjawab. Adalah Bupati Bogor Nurhayanti yang menetapkan Pacira sebagai nama stadion yang terletak di Pakansari tersebut. Nama Pacira diambil dari singkatan Pakansari Cibinong Raya.


Rencananya nama Stadion Utama Pacira yang berkapasitas 30 ribu penonton itu, akan ditetapkan usai pembangunan tahap ketiga yang sekarang dikerjakan PT Prambanan Dwipaka. Ancar-ancar tangalnya sekitar 30 Desember 2015.

Penetapan Pacira  dipandang positif karena Bupati Bogor Nurhayanti tidak ingin terjebak dalam polemik berkepanjangan tentang nama stadion yang berkepanjangan. Stadion itu dibangun mulai era Bupati Bogor, Rachmat Yasin, yang diberhentikan karena kasus korupsi.



"Nama Pacira sudah menasional. Jadi sudah tepat Bupati Nurhayanti nama  Stadion Utama Pacira dibandingkan yang lain seperti Stadion Bupati atau sejenisnya," ujar Herzon Hizkia, Wakil Ketua Ascab PSSI Kabupaten Bogor.
 
Bupati Nurhayanti akan masa jabatannya baru habis pada 2018 mendatang, mengatakan penetapan Pacira sebagai nama stadion termegah di Kabupaten Bogor ini merupakan pilihan paling tepat.


“Pakansari adalah nama kelurahan tempat stadion ini berdiri. Sedangkan nama Cibinong Raya diambil dari Kecamatan Cibinong yang sekarang sedang berkembang menjadi Kota Cibinong Raya,” kata Bupati Bogor Nurhayanti.

Bupati berharap nama Pacira menjadi identitas tersendiri buat stadion yang akan menjadi salah satu venue PON 2016 Jawa Barat. "Stadion Pacira ini harus menjadi kebanggaan 5,3 juta warga Kabupaten Bogor," kata Nurhayanti.

Sementara Kadispora Kabupaten Bogor Yusuf Sadeli mengatakan nama Stadion Pacira sangat pas. "Masyarakat banyak yang setuju dengan pemilihan nama Stadion Pacira ini,”  kata Yusuf Sadeli, sambil menambahkan pihaknya optimistis pembangunan tahap ketiga stadion akan tepat waktu.
Foto-foto dengan nama terbaru Stadion Pacira : 








Sumber : https://www.facebook.com/StadionUtamaCibinong


Baca Juga Artikel lainnya :
1. Stadion Gelora Bandung Lautan Api 
2. Stadion Indonesia
3. Stadion Utama Riau

1 komentar:

M.ramadhan Djandy mengatakan...

Stadion bogor keren juga.

Poskan Komentar